Senin 28 Juli 2014
skpd

PELATIHAN TIM TEKNIS PERIZINAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU

Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT) melaksanakan Pelatihan Tim Teknis Perizinan Pelayanan Terpadu Satu Pintu,  Selasa, (27/09) di Hotel Dumasari Tuktuk Siadong Kecamatan Simanindo. Pelatihan tersebut secara resmi dibuka Bupati Samosir yang diwakili Plt. Sekretaris Daerah Ir. Hatorangan Simarmata, turut hadir  Staf Ahli dan Camat Simanindo.

Kepala BPMPT  Sampe Sijabat, SH, MM dalam laporannya mengatakan bahwa maksud diadakannya Pelatihan tersebut untuk meningkatkan Pengetahuan Tim Teknis Perizinan tentang Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan pada Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Kabupaten Samosir.

Plt. Sekda Ir. Hatorangan Simarmata dalam arahannya mengatakan eksistensi otonomi daerah merupakan tonggak perubahan pelayanan public bagi masyarakat di daerah, pada masa lalu pelayanan public identik dengan proses yang berbelit-belit, biaya tinggi dan tidak jarang memberatkan serta membingungkan masyarakat sehingga ada istilah” sepanjang bisa dipersulit untuk apa dipermudah,” hal ini harus dihilangkan menjadi “sepanjang bisa dipermudah untuk apa dipersulit”

Selanjutnya beliau juga mengatakan bahwa BPMPT Kabupaten Samnosir memiliki Visi yaitu Terwujudnya Pelayanan Penanaman Modal dan perizinan yang prima serta dapat memberikan pelayanan perizinan kepada masyarakat dengan ramah, nyaman, mudah, sederhana, cepat, berkualitas dan transparan. BPMPT merupakan unsur  perangkat daerah yang mempunyai kewenangan dibidang perizinan serta mempunyai tugas melaksanakan koordinasi dan menyelenggarakan pelayanan administrasi di bidang perizinan secara terpadu dengan menjalankan prinsip koordinasi, integrasi, sinkronisasi, simplikasi, keamanan, kenyaman dan kepastian serta memiliki prinsip pelayanan prima yaitu kesederhaan, kejelasan, kepastian waktu, akurasi, keamanan, tanggungjawab, kelengkapan sarana dan prasarana, kemudahan akses masyarakat, kedisplinan, kesopanan, keramahan dan kenyamanan

Diakhir sambutannya beliau menghimbau para aparatur Negara khususnya anggota tim teknis perizinan untuk meningkatkan pelayanan public serta membulatkan tekad untuk meningkatkan pemberian pelayanan kepada masyarakat dengan mengedepankan kepentingan umum melalui pelayanan prima dalam setiap aspek pelayanan di semua satuan kerja perangkat daerah.

Pelatihan akan berlangsung selama 5 hari, narasumber terdiri dari Kepala Badan Perijizinan terpadu kabupaten Sragen Tugiyono, SH, Kepala kantor pengelolaan data elektronik kabupaten Sragen  Dwiyanto, S. STP, MSi, Badan Penanaman Modal dan promosi Sumut Anthon Malau, SH, Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Sumut Oloan Sihombing, SH, M.Hum serta Kepala BPMPT Kab. Samosir Sampe Sijabat, SH, MM.

Para narasumber akan menyampaikan beberapa materi yaitu Kebijakan pelayanan public sesuai dengan UU no 25 tahun 2009, Reformasi pelayanan public dan standar pelayanan public, Etika dan kepribadian dalam pelayanan public, Sitem informasi manajemen pelayanan perizinan terpadu satu pintu, Merumuskan tata kerja yang professional para tim teknis, Sanksi dan penyelesaian pelanggaran pelayan public, Pengendalian dan pengawasan penyelenggaraan pelayana public, tata cara permohonan izin penanaman modal seta Evaluasi pelatihan tim teknis perizinan pelayanan terpadu satu pintu.(Humas/Baho)

SAMOSIR DALAM ANGKA

Aspiring Geopark

HITS

Website counter