skip to Main Content

Gebyar Kuliner Kabupaten Samosir

Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Kantor Ketahanan Pangan, Penelitian dan Pengembangan melaksanakan Gebyar Kuliner Kabupaten Kamis, (29/10) di Jalan Danau Toba Depan Rumah Dinas Bupati Samosir. Turut hadir Pj. Bupati Samosir Anthony Siahaan, SE, ATD, MT, Plh. Sekda, FKPD Samosir, Pimpinan SKPD, para Camat, Ketua dan Anggota TP. PKK.

Kepala Kantor Ketahanan Pangan Ir. Erkanus Simbolon dalam laporannya dikatakan maksud dan tujuan gebyar kuliner dilaksanakan untuk mengimplementasikan Peraturan Presiden Nomor: 22 Tahun 2009 tentang kebijakan percepatan penganekaragaman komsumsi pangan berbasis sumber pangan daya lokal dengan tujuan mendorong serta membina para pelaku usaha kuliner Kabupaten Samosir untuk mempromosikan pangan lokal di lokasi daerah wisata.

Pj. Bupati Samosir dalam arahannya mengatakan ketahanan pangan yang mantap merupakan pondasi dalam pembangunan Nasional, tingkat kerawanan pangan keluarga sangat ditentukan oleh berbagai faktor antara lain penyediaan pangan, pendistribusian, harga pangan, pendapatan keluarga dan kemampuan keluarga dalam mengakses pangan serta mampu mengolah pangan yang bersumber dari bahan pangan lokal yang beragam, bergizi, seimbang dan aman.
Kabupaten Samosir memiliki potensi alam yang laur biasa yang bisa dieksploitasikan untuk dijadikan icon penunjang kepariwisataan dari hasil sektor pertanian, aneka produk home industri yang tumbuh dimasyarakat. Berbagai potensi itu bila digerakkan secara bersama-sama akan menjadi modal utama serta daya tarik tersendiri untuk dijadikan kabupaten Samosir menjadi sentra pariwisata sesuai dengan harapan “Samosir Negeri Indah Kepingan Surga”.

Diakhir sambutannya Pj. Bupati mengharapakan dengan adanya gebyar kuliner memiliki peran nyata dalam mengajak masyarakat untuk semakin mencintai dan bangga terhadap kekayaan produk-produk unggulan Kabupaten samosir serta masyarakat Samosir khususnya pelaku usaha kuliner supaya mempromosikan bahan olahan berbasis pangan lokal yang banyak dijumpai seperti beras, jagung, kentang, ubi kayu, kacang, ubi jalar, bawang merah, cabai, tomat, jahe, ikan mas, ikan mujahir, ayam, daging kerbau, daging sapi, dan sayur-sayuran yang diolah menjadi bahan pangan kuliner.(Humas/Baho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top