skip to Main Content

Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir Gelar Perayaan Pra Paskah 2016

Keluarga Besar Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir menggelar Perayaan Pra Paskah Tahun 2016, yang dilaksanakan di Terminal Onan Baru Pangururan, Kamis (24/03). Perayaan Pra Paskah ini merupakan perayaan pertama kali yang digelar di Kabupaten Samosir.

Hadir dalam perayaan tersebut Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM, Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga, Plt. Sekdakab Tombor Simbolon, SH, MM, Ketua dan Wakil Ketua TP. PKK, Pejabat Eselon II dan III, Keluarga Besar Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir yang berkisar 2.061 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah dan Guru TK, SD, SLTP dan SMA serta perwakilan siswa dari beberapa sekolah.

Dalam Kotbahnya Pastor Elio Sihombing, OFMCap yang mengangkat Thema “Ia Telah Menjadi Keselamatanku (Mazmur 118 :14)” mengajarkan sebuah keteladanan Yesus sebagai seorang pemimpin yang taat dan melayani dengan penuh kasih. Dikatakan, dibeberapa negara di Timur Tengah, pembasuhan kaki merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh tuan rumah kepada tamu nya yang datang berkunjung kerumahnya sebagai wujud dari sebuah penghormatan. Namun, didalam Injil dituliskan bahwa ketika Yesus sebelum ditangkap kemudian disalibkan, Yesus sendiri membasuh kaki keduabelas muridnya. Hal ini menggambarkan bahwa Yesus mengasihi sekaligus memberikan penghormatan yang mendalam kepada muridnya. Hal ini juga menggambarkan suatu keteladanan yang baik sebagai seorang pemimpin yang memiliki kerendahan hati.

Melalui perayaan ini juga, Pastor berharap kepada seluruh yang hadir, Aparatur Pemerintah Kabupaten Samosir agar mencontoh keteladanan Yesus agar melayani dengan kasih, tulus dan iklas dalam pembangunan Kabupaten Samosir, serta menghormati dalam segala perbedaan yang ada di masyarakat.

Yang menarik dalam perayaan ini adalah acara pembasuhan kaki. Dimana pemimpin ibadah Pastor Deo Gratias Manalu, OFMCap membasuh kaki Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM, yang selanjutnya Bupati Samosir membasuh kaki 12 orang jemaat yang hadir diantaranya Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga, Kadis Pendidikan Drs. Marulak Malau, MSi, dan beberapa perwakilan tenaga pendidik.

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir yang menginisiasi perayaan Pra Paskah ini. Hal ini merupakan suatu perubahan yang baik khususnya di dunia pendidikan dalam menciptakan perubahan karakter, sikap dan perilaku kearah yang lebih baik sebagai manusia yang melayani, bukan untuk dilayani.

Bupati juga merasa bangga dan terharu karena bertepatan pada saat perayaan pra paskah ini, Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan piagam penghargaan terhadap Kabupaten Samosir yang meraih Indeks Integritas Penyelenggaraan Ujian Nasional secara Nasional yang memiliki indeks integritas diatas 80 pada Tahun 2015. Penghargaan tersebut diraih atas nama SMP Satu Atap Negeri 2 Sianjur Mulamula  dengan indeks 80,28 dan atas nama SMP Satu Atap Negeri 2 Onan Runggu dengan indeks 80,37.

Bupati mengatakan bahwa penghargaan ini menggambarkan pentingnya nilai kejujuran dalam kehidupan, seraya mengajak hadirin untuk menanamkan nilai integritas di tengah-tengah masyarakat luas.

Diakhir sambutannya, Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM mengajak seluruh SKPD dan warga masyarakat Kabupaten Samosir untuk memupuk kebersamaan dan bahu membahu untuk membangun Kabupaten Samosir kearah yang lebih baik dengan meneladani cinta dan kasih Tuhan Juru Selamat Yesus Kristus. (Humas/Lagan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top