skip to Main Content

Bupati Samosir Tinjau Lokasi Sumber Air di Harangan Londut, Ronggur Nihuta

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM didampingi Kadis PU Pantas Samosir, Kadis Pertanian Ir. Rensus Simanjorang, Kabag Humas Lemen Manurung, S.Pd, Kabag Umum Rudi SM. Siahaan, AP, MM, Kabag Pembangunan Drs. Sudion Tamba, Camat Ronggur Nihuta Roberthon Manik, melakukan peninjauan lokasi sumber air di Harangan Londut, Kecamatan Ronggur Nihuta, Rabu (11/05).

Meskipun akses menuju lokasi sumber air tersebut cukup jauh kedalam hutan dengan medan yang cukup terjal dan licin, namun Rapidin Simbolon bersama rombongan tetap menyusuri lokasi tersebut untuk melihat secara langsung kondisi sumber air dan melihat langsung seberapa besar debit air yang dihasilkan dari  lokasi tersebut.

Sumber air tersebut diproyeksikan akan mengisi tanggul yang dibuat oleh Dinas PU Kabupaten Samosir di Kecamatan Ronggur Nihuta yang akan mengairi lahan persawahan baru yang dibuka oleh Dinas Pertanian Kabupaten Samosir.

Selanjutnya, Bupati Samosir berasama rombongan juga melakukan peninjauan ke sejumlah lokasi yang mendapat pembangunan proyek fisik TA. 2016.  (Humas/Lagan)

This Post Has 2 Comments
  1. Himbawan untuk Pemda Samosir:
    Membaca berita rencana pembangunan tanggul penampungan air dari Harangan Londut di Ronggur Nihuta, menumbuhkan harapan akan meningkatnya kesejahteraan penduduk sekitar untuk beberapa waktu yang akan datang. Pertanyaan saya, hanya itu sajakah sumber air di perbukitan Pulau Samosir atau masih ada lain atau yang bisa mengisi bendungan/waduk yang sangat dibutuhkan masyarakat petani sebagaian besar penduduk Pulau Samosir. Bahkan kalaupun tidak mencukupi dari sumber-sumber air pegunungan tersebut, air dari Danau Toba dengan menggunakan pompanisasi bisa diupayakan. Terkait pengairan ini sangat dibutuhkan para petani, karena dari beberapa dekade waktu yang lalu yang menjadi keluhan terbesar petani adalah ketidaktersediaan air, yang mengakibatkan seringnya gagal panen dengan tanah kering dan retak sehingga padi, bawang, kol, dan tanaman lainnya menjadi mengerdil dan mati.

    1. Selain kegiatan itu yg Tulang Hakrin sampaikan, kami juga menghimbau Pemda Kabupaten Samosir utk memaparkan rencana pembangunan yg akan dilakukan oleh Bupati Samosir selama masa jabatannya kedepan, minimal dalam website nya ini supaya semua orang tahu. Di era keterbukaaan ini hal itu sangat diperlukan. Lalu kemudian secara bersama sama rakyat Samosir dapat memonitor progress yg nantinya menjadi tolok ukur apakah Pemerintah skrg dapat dipilih kembali atau tidak untuk peride berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top