skip to Main Content

BUPATI SAMOSIR SAMPAIKAN PAPARAN RPJMD

 

Dalam Rangka Memperingati HUT PDIP Ke- 43 sekaligus Peringatan Hari Lahir Pancasila Ke- 71, Partai PDIP Kabupaten Samosir mengadakan dialog Kebangsaan dengan topic “ Gerakan Samosir Membangun, Apa Kabar RPJMD 20115-2021 “ di Hotel Dainang Pangururan, Rabu (01/07). Turut hadir Ketua DPRD, Kapolres, Kajari Pangururan, Pimpinan SKPD, Ketua DPC PDIP Samosir, Kader/anggota PDIP, Lintas Partai, Ormas, LSM dan Pers.

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM dan Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga memaparkan RPJMD dan berbagai cakupan perkembangan Kabupaten Samosir. Selanjutnya Bupati Samosir menyampaikan Visi Kabupaten Samosir yaitu “Terwujudnya Masyarakat Samosir Yang Sejahtera, Mandiri dan Berdaya Saing Berbasis Pada Pariwisata dan Pertanian” sedangkan Misi antara lain Membangun sistem Pemerintahan yang bersih dan baik yang berorientasi pada pelayanan public, Peningkatan  kualitas sumber daya manusia agar lebih menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mampu berkompetisi dan professional, Pemberdayaan masyarakat dalam rangka membentuk manusia yang mandiri, berdisiplin, kreatif dan produktif serta berbudi luhur, Pengembangan pariwisata lingkungan dan budaya serta pemberdayaan masyarakat sebagai pelaku utama bisnis pariwisata, Pengembangan sektor pertanian melalui diversifikasi dan intensifikasi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, Meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana public yang mendukung industry pariwisata, kelancaran perekonomian dan memperlancar pelayanan public, Memantapkan kondusifitas daerah dengan mendorong pelaksanaan demokrasi dan penegakan hukum serta Memperluas jaringan kerjasama dalam pembangunan dengan prinsip saling menguntungkan, berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

Selanjutnya Bupati Samosir memaparkan 7  karakter utama Samosir dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera, mandiri dan berdaya saing antara lain Penyelengara Pemerintahan yang bersih dan baik berbasis pada pelayanan masyarakat, Penyelenggara Pemerintahan yang memanfaatkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, Penyelenggaraa pemerintahan yang membentuk masyarakatnya menjadi mandiri, berdaya saing, berdisiplin, kreatif, produktif dan berbudi luhur, Penyelenggara Pemerintahan yang melakukan pembangunan dengan pariwisata dan pertanian sebagai sektor-sektor unggulan, Penyelenggara Pemerintahan yang mengedepankan supremasi hokum dan demokrasi, Penyelenggara Pemerintahan yang membuka diri untuk kerjasama yang seluas-luasnya untuk pemercepatan inventasi dan pengasaan teknologi serta Penyelenggara Pemerintahan yang berwawasan lingkungan.

Sementara prinsip pembangunan Kabupaten Samosir 2016-2021 yaitu Melanjutkan, melanjutkan program-program pembangunan yang sudah selesai dilaksanakan pada periode yang lalu, yaitu merumuskan program-program baru, Menuntaskan, menuntaskan program-program pembangunan yang belum tuntas pada periode yang lalu, Reposisi, merumuskan dan menerapkan strategi-strategi baru untuk program pembangunan yang pelaksanaannya mengalami hambatan, Reorientasi, merumuskan program-program baru yang bersifat terobosan sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan pembangunan yang harus dilaksanakan bersama seluruh pemangku kepentingan dengan dukungan masyarakat serta Memberi Dukungan, memberi dukungan kepada program-program pembangunan yang dilaksanakan langsung oleh masyarakat, dunia usaha, akademis dan lembaga pendidikan dan penelitian.

Bupati Samosir juga menyampaikan 5 karakter dan etos kerja yang harus dipedomani para Aparatur Kabupaten Samosir antara lain Melayani Dengan Kasih Dan Takut Akan Tuhan, Jujur, Cerdas, Tulus, Ikhlas Dan Bijaksana,  Berani Dalam kebenaran Dan Tegas Dalam Tindakan, Kerja Keras Dan Rela Berkorban dan Hidup Sederhana, Merakyat, Berwibawa Dan Bersahaja.

Diakhir paparannya Bupati Samosir menghimbau agar seluruh kader PDIP dan stakeholder lainnya untuk ikut mengawasi dan terlibat dalam RPJMD Kabupaten Samosir. (Humas/Baho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top