skip to Main Content

Bupati Samosir Bersama Kelompok Tani Dosroha Hariara Pintu Panen Perdana Kentang

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM didampingi Wabup Ir. Juang Sinaga, Ketua TP. PKK Kabupaten Samosir, Anggota Komisi II DPRD Samosir Bolusson Pasaribu, SKPD terkait bersama dengan Kelompok Tani Dosroha Desa Hariara Pintu, Kecamatan Harian melakukan Panen Perdana tanaman Kentang di Desa Hariara Pintu, Kamis (7/4).

Panen perdana kentang milik Kelompok Tani Dosroha adalah hasil dari bibit bantuan Pemkab Samosir melalui Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan TA. 2015. Secara umum, bantuan Benih Kentang yang disalurkan Pemkab Samosir TA. 2015 adalah sebanyak 10 Ton yang disalurkan kepada 26 kelompok tani di Desa Hariara Pintu, Huta Galung dan Partungko Naginjang. Khusus Kelompok Tani Dosroha Desa Hariara Pintu yang beranggotakan 21 KK, mendapatkan bantuan benih sebanyak 400 Kg.

Pada kesempatan tersebut Ketua Kelompok Tani Dosroha Sotan Sihotang menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Samosir yang telah membantu benih kentang hingga bisa melakukan panen pada saat ini. Namun, Sotan mangatakan bahwa ada beberapa kendala bagi petani kentang di desa mereka yakni hama wereng, tanaman mati layu dan daun gosong yang mengakibatkan hasil panen yang tidak optimal.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM menginstruksikan kepada Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Ir. Rencus Simanjorang dan Kepala Badan Ketahanan Pangan, Pelaksana Penyuluhan drh. Erkanus Simbolon  agar secepatnya mengundang dan memfasilitasi seluruh kelompok tani yang ada di Desa Hariara Pintu, Huta Galung dan Partungko Naginjang untuk duduk bersama membicarakan segala keluhan dan kendala yang dihadapi oleh para petani.

“Kita akan duduk bersama, kita bicarakan hal-hal apa yang diperlukan dalam meningkatkan pertanian di kawasan Tele ini, karena kawasan ini merupakan sentra tanaman holtikultura di Kabupaten Samosir. Potensi ini harus kita manfaatkan dengan baik”, tegas Rapidin Simbolon. (Humas/Lagan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top