skip to Main Content

ATASE PERTAHANAN 16 NEGARA BERKUNJUNG KE SAMOSIR

ATASE PERTAHANAN 16 NEGARA BERKUNJUNG KE SAMOSIR

Samosir, Humas

Para Atase Pertahanan (Military Attache Corps) dari 16 Negara dengan jumlah 30 orang mengadakan kunjungan ke Samosir, 20/05. Kunjungan tersebut merupakan tour wisata untuk menikmati keindahan panorama alam Samosir dan mengunjungi situs-situs budaya batak. Rombongan tiba di dermaga wisata tomok disambut dengan tarian khas batak. Situs wisata yang pertama dikunjungi adalah Makam Raja Sidabutar di Tomok. Saat memasuki areal makam Raja Sidabutar, masing-masing diberikan ulos sebagaimana tradisi orang batak.

Di makam Raja Sidabutar, para atase pertahanan diberikan penjelasan oleh guide mengenai sejarah Raja Sidabutar yang makamnya terbuat dari batu asli (sarkofagus). Setelah itu, dengan menaiki kapal , rombongan langsung menuju Batu Persidangan di Siallagan.

Sebagai rasa hormat dan bangga atas kunjungan para atase pertahanan tersebut, Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon menjamu rombongan makan siang di Hotel Toledo Inn, Tuktuk Siadong-Simanindo. Turut Hadir Kapolres Samosir, Ketua DPRD Samosir, Sekretraris Daerah Kab. Samosir, Ketua PKK Kab. Samosir, Asisten Administrasi Umum dan pimpinan SKPD.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon mengaku senang dan bangga atas  kunjungan tersebut. Rapidin memaparkan kondisi umum Kabupaten Samosir dari segi administrasi kependudukan dan wilayah. Selain itu dia juga memaparkan beberapa situs pariwisata yang menjadi andalan Kabupaten Samosir. Beliau berharap rombongan puas dengan kunjungan tersebut, tetapi tidak cukup satu hari untuk menikmati alam Samosir karena masih banyak situs/lokasi wisata yang tersebar di Samosir. Diharapkannya, para utusan atase pertahanan dari Negara luar tersebut dapat mempromosikan keindahan alam Samosir di negara masing-masing.  Sebagai tanda kehormatan atas kunjungan tersebut Bupati Samosir bersama Kapolres Samosir, Ketua DPRD, Ketua PKK dan Sekdakab Samosir memberikan ulos kepada masing-masing rombongan. Ulos merupakan tanda kehormatan bagi orang batak dan diberikan kepada tamu kehormatan. Hiburan tortor tunggal panaluan turut mengisi acara makan siang.

Ketua rombongan Col Andrian Cambell-Black dari United Kingdom merasa senang atas sambutan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Samosir. Melihat dua situs wisata budaya dia mengaku kagum dengan budaya batak. “Keindahan alam Samosir sangat bagus, suatu saat kami akan datang kembali” kata Andrian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top